www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Menkes Resmikan Dua Puskesmas Perbatasan di Kalimantan Barat

Posted by On 04.53

Menkes Resmikan Dua Puskesmas Perbatasan di Kalimantan Barat

Menkes Resmikan Dua Puskesmas Perbatasan di Kalimantan Barat

Menkes Nila berharap upaya ini diharapkan akan memberikan daya ungkit yang besar dalam peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan di daerah DTPK

Menkes Resmikan Dua Puskesmas Perbatasan di Kalimantan Baratdok Kemenkes RIGedung Puskesmas Entikong yang berada di perbatasan Malaysia

TRIBUNNEWS.COM, SANGGAU - Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meresmikan dua Puskesmas daerah perbatasan di Provinsi Kalimantan Barat pada Selasa (17/4), tepatnya di Kabupaten Sanggau.

Kedua Puskesmas tersebut merupakan Puskesmas representatif yang berhasil dibangun di daerah perbatasan, yaitu Puskesmas Entikon g dan Puskesmas Balai Karangan.

Pembangunan Puskesmas ini menggunakan anggaran DAK Afirmasi bidang kesehatan tahun 2017.

Upaya percepatan pembangunan di daerah perbatasan merupakan salah satu fokus prioritas pembangunan kesehatan pada 2015-2019. Untuk mewujudkannya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI melaksanakan program pembangunan 124 Puskesmas Perbatasan di seluruh titik terluar Indonesia.

Dalam upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di daerah perbatasan kerap kali mengalami berbagai permasalahan seperti kondisi geografis, SDM kesehatan, terbatasnya infrastuktur dan lain sebagainya.

Di samping itu, isu ketimpangan pelayanan kesehatan dibandingkan dengan negara tetangga akan berpengaruh pada kredibilitas bangsa apabila tidak ditangani dengan serius.

Baca: Menteri Kesehatan: Penanganan Gizi Buruk di Asmat Dilakukan Bertahap

"Daerah perbatasan yang merupakan bagian terdepan negara seharusnya me njadi etalase negara yang menampilkan wajah atau citra Indonesia yang positif termasuk dalam bidang kesehatan," kata Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dalam sambutannya saat peresmian Puskesmas Entikong dan Puskesmas Balai Karangan di Kabupaten Sanggau (17/4).

Demi kelancaran kegiatan di Puskesmas dalam pembangunan Puskesmas di daerah perbatasan dilengkapi dengan pemenuhan prasarana dan alat kesehatan yang diperlukan oleh Puskesmas, seperti pembangunan rumah dinas dokter, pengadaan alat transportasi serta penyediaan alat pendukung pelayanan lainnya seperti Generator set dan IPAL.

Menkes menyatakan bahwa ketersediaan SDM kesehatan yang mumpuni sangatlah penting dalam optimalnya kinerja Puskesmas di daerah perbatasan.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Eko Sutriyanto Ikuti kami di Pengakuan Pasutri Pelaku Pesta Seks dan Bertukar Pasangan di Surabaya yang Digerebek Polisi Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »