www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KPU Kalbar Beri Hak Paslon Perbanyak APK dan Penyebaran ...

Posted by On 05.06

KPU Kalbar Beri Hak Paslon Perbanyak APK dan Penyebaran ...

Pilgub Kalbar

KPU Kalbar Beri Hak Paslon Perbanyak APK dan Penyebaran Bahan Kampanye, Ini Ketentuannya

Dalam PKPU, setiap paslon mendapat alokasi lima baliho dari KPU untuk dipasang di kabupaten/kota.

KPU Kalbar Beri Hak Paslon Perbanyak APK dan Penyebaran Bahan Kampanye, Ini Ketentuannya TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINOAnggota Komisioner KPU Provinsi Provinsi Kalbar, Misrawi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK â€" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar mengatakan paslon boleh perbanyak Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho, umbul-umbul dan spanduk saat masa kampanye tanggal 15 Februari-23 Juni 2018.

Berdasarkan kesepakatan, maksimal penambahan dibatasi hanya 150 persen dari jumlah sesuai ketetapan dalam PKPU. Dalam PKPU, setiap paslon mendapat alokasi lima baliho dari KPU untuk dipasang di kabupaten/kota. Lalu 20 umbul-umbul untuk tingkat kecamatan dan dua spanduk.

(Baca: Tak Dapat Tunjangan Khusus 3T, Guru-Guru Lapor ke Ombudsman )

“Dari jumlah itu, paslon dapat menambah APK sebesar 150 persen. Misalnya, baliho kan ada lima, maka 150 persen dari 5 kan tujuh baliho. Jadi, masing-masing paslon bisa nambah tujuh lagi,” ungkapnya saat diwawancarai di Kantor KPU Kalbar, Jalan Subarkah Nomor 1, Kota Pontianak, Jumat (16/2/2018).

Penambahan APK merupakan hak tim paslon masing-masing. Apakah mau ditambah atau tidak bukan jadi persoalan. Namun, ia menegaskan desain APK yang dicetak harus sama sesuai desain dan ukuran yang ditetapkan oleh KPU.

“Sebelum mencetak, paslon harus meminta persetujuan tert ulis ke KPU. Ndak bisa langsung. Harus izin dulu ke KPU. Nanti, KPU akan keluarkan surat persetujuan. Sertakan juga bukti pemesanan seperti kuitansi. Itu wajib,” terangnya.

(Baca: Bagi Zonasi Kampanye, KPU Batasi Rapat Umum Pilgub Kalbar Hanya Dua Kali )

Selain APK, paslon juga diberikan hak untuk memperbanyak penyebaran bahan kampanye berupa gambar dan stiker. Paling banyak 100 persen dari jumlah yang dicetak oleh KPU.

“Materi dan desain dari paslon masing-masing. Kami hanya menyesuaikan desain dan ukuran sesuai ketentuan KPU. Lalu melakukan pencetakan,” katanya.

Sementara itu, kampanye media massa akan berlangsung selama 14 hari mulai 10 Juni-23 Juni 2018. Misrawi menerangkan iklan kampanye sepenuhnya jadi kewenangan KPU.

“KPU yang akan pasang nanti di media apa saja. Baik media elektronik, cetak, radio, televisi maupun online. Paslon hanya membuat materi dan desain saja,” jelasnya.

Dalam kampanye iklan, KPU a kan menggandeng Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Barat. Hal ini sebagai upaya filter apakah desain iklan yang diusulkan masing-masing paslon telah penuhi syarat penayangan.

“KPID akan menilai apakah iklan itu sudah tidak melanggar aturan periklanan atau peraturan lainnya,” tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino Editor: Jamadin Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Video Perusakan Toyota Vios usai Pengemudi Tabrak Polisi yang Mengejarnya di Jalanan Surabaya Sumber: Google News | Berita 24 Ka lbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »