www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kubu Raya Resmi ...

Posted by On 06.38

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kubu Raya Resmi ...

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kubu Raya Resmi Dibentuk, Ini Harapan Kepala OJK Kalbar

Ia berharap pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) KKR bisa meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di masyarakat.

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kubu Raya Resmi Dibentuk, Ini Harapan Kepala OJK KalbarTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINIPlt Kepala OJK Kalbar Moch Riezky F Purnomo

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Plt Kepala OJK Kalbar Moch Riezky F Purnomo mengatakan berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan Indonesia yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) pada tahun 2016, diketahui tingkat literasi Provinsi Kalbar hanya sebesar 30,5 persen.

Sedangkan prosentase masyarakat Indonesia yang telah menggunakan produk atau layanan jasa keuangan (utilitas) sebesar 65,5 persen.

Ia berharap pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) KKR bisa meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di masyarakat.

(Baca: OJK Kalbar Dorong Perluasan Akses Permodalan Bagi UMKM )

Beberapa faktor yang menjadikan terhambatnya akses masyarakat terhadap industri keuangan formal kata Riezky antara lain masih rendahnya pendapatan masyarakat. Kedua preferensi sebagian masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan melalui jalur informal, dan ketiga faktor budaya.

"Selain itu, faktor lainnya jangkauan pelayanan Lembaga Jasa Keuangan yang terbatas, prosedur/administrasi yang masih rumit, produk keuangan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan tingginya biaya penggunaan produk dan layanan jas a keuangan," ujar Riezky pada (11/12/2017).

(Baca: Kubu Raya Dapat Alokasi Penambahan Tabung Gas Subsidi Dari Pertamina )

Hambatan-hambatan tersebut diakui Riezky mengakibatkan belum seluruh masyarakat mengakses keuangan secara lebih merata dari sisi mobilisasi dana maupun penyediaan pembiayaan oleh industri keuangan.

Sehingga hal tersebut kata dia berdampak pada peran industri keuangan yang belum optimal terhadap peningkatan perekonomian di daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Oleh karena itu, diperlukan adanya koordinasi dan sinergi yang baik antara Pemerintah di tingkat pusat maupun di daerah dengan instansi dan stakeholders lain untuk bersama-sama mencari solusi dan terobosan dalam rangka percepatan akses keuangan di daerah. Di sisi lain, hingga saat ini belum terdapat forum koordinasi formal lintas sektor maupun lintas instansi yang terkait dengan percepatan akses keuangan di daerah untuk lebih mendorong perc epatan pembangunan di daerah," ujarnya.

Dalam pertemuan Presiden RI dengan perwakilan industri jasa keuangan di Istana Negara pada tanggal 15 Januari 2016 yang diinisiasi oleh OJK serta dihadiri oleh Ketua dan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Gubernur Bank Indonesia dan para Menteri Kabinet Kerja termasuk seluruh Kepala Daerah, salah satu issu yang diangkat adalah pentingnya percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong kinerja perekonomian.

Terkait hal tersebut, telah terdapat Radiogram Menteri Dalam Negeri tanggal 19 Februari 2016 kepada para Kepala Daerah dalam hal ini Gubernur, Bupati dan Walikota yang isinya meminta Kepala Daerah untuk membentuk TPAKD.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah mengeluarkan SK Gubernur Kalimantan Barat No. 422/EKBANG/2016 tanggal 13 Juni 2016 tentang Pembentukan TPAKD.

"Ini melibatkan instansi terkait lainnya, seperti Bank Indonesia, industri jasa keuangan, asosiasi dan akademisi.
Kemudian menjelang akhir tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga menyambut baik audiensi OJK Provinsi Kalimantan Barat dengan pembentukan TPAKD melalui penetapan SK Bupati Kubu Raya No. 483/SETDA/2017 tanggal 4 Agustus 2017 yang akan dikukuhkan pada hari ini," ujarnya.

Penulis: Maskartini Editor: Dhita Mutiasari Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Tepergok Lakukan Pelecehan Seksual di Kereta, Pria Ini 'Dikeroyok' Ibu-ibu Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »