www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Fokus Antisipasi Kasus Rabies di Kalbar

Posted by On 00.40

Fokus Antisipasi Kasus Rabies di Kalbar

Fokus Antisipasi Kasus Rabies di Kalbar

Abdul Manaf menegaskan pihaknya tidak pernah main-main dalam antisipasi kasus rabies di wilayah Kalimantan Barat.

Fokus Antisipasi Kasus Rabies di KalbarTRIBUN FILE/ISTIlustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Abdul Manaf menegaskan pihaknya tidak pernah main-main dalam antisipasi kasus rabies di wilayah Kalimantan Barat.

Penanggulangan kasus rabies terus diupayakan secara terstruktur dan massif di seluruh kabupaten/kota.

"Harapan kita tentu rabies ini bisa dikendalikan. Sehingga target Indonesia Bebas Rabies Tah un 2020 yang dicanangkan Pemerintah Indonesia tercapai," ungkapnya, Selasa (19/12/2017).

Selain pengarahan dan penyuluhan, pihaknya terus menggalang sokongan dari berbagai pihak untuk berperan aktif dalam antisipasi rabies. Baru-baru ini, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Bhabinkamtibmas kepolisian.

"Kuncinya pada vaksinasi. Kami lakukan penguatan dan latih tenaga-tenaga vaksinasi dengan melibatkan Bhabinkamtibmas. Ini upaya mengendalikan rabies," terangnya.

(Baca: Kasus Gigitan HPR dan Korban Meninggal Rabies Meningkat Drastis Di Kalbar, Segini Jumlahnya )

Ia akui ketersediaan tenaga vaksinator yang mampu menyasar tingkat desa dan dusun masih jadi kendala. Namun, pihaknya berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, selain dari Dinas Kesehatan.

"Maka dari itu, kami sudah latih Bhabinkamtibmas," katanya.

Manaf mengapresiasi tingkat kesadaran masyarakat sudah tinggi terkait bahaya rabies. Masyarakat sudah tidak segan memvaksinasi hewan peliharaannya.

"Ketika ada kasus, masyarakat juga aktif melapor. Sekarang melapor bisa melalui website e-SIKNAS (Sistem Kesehatan Nasional Elektronik) setiap saat. Ketika ada laporan kasus gigitan, kita turun ke lapangan, observasi dan melakukan pengarahan," tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Niat Iseng! Wanita Pura-pura Ngaku Hamil, Namun Pacar Malah Beri Pengakuan yang Bikin Syok Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »