www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kata Seprahan Akan Dimasukkan Ke dalam KBBI Daring

Posted by On 15.36

Kata Seprahan Akan Dimasukkan Ke dalam KBBI Daring

Kata Seprahan Akan Dimasukkan Ke dalam KBBI Daring

Kita sebagai orang di Kalbar memiliki kekayaan bahasa, ini sebenarnya kesempatan bagus untuk mengusulkan bahasa daerah kita agar dimuat di KBBI.

Kata Seprahan Akan Dimasukkan Ke dalam KBBI DaringTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANISejumlah warga makan besaprah di kegiatan Saprahan Kampong Bansir dalam merayakan HUT Kota Pontianak ke 246, di Gang Bansir, Jalan Imam Bonjol, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (21/10/2017) siang. Lengkap dengan pakaian Melayu peserta saprahan duduk dan makan bersama sepanjang lebih dari 200 meter untuk melestarikan warisan budaya tak benda ini. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI

Laporan Wartawan Tribun P ontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Balai Bahasa Kalbar, Aminulatif mengatakan kegiatan Diseminasi Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Harris, Kamis (15/11/2017) merupakan dukungan penuh dari pemerintah terhadap kekayaan bahasa yang ada di Indonesia karena KBBI yang sudah diluncurkan merupakan hasil kompilasi seluruh bahasa daerah, termasuk di Kalimantan Barat.

"Kita sebagai orang di Kalbar memiliki kekayaan bahasa, ini sebenarnya kesempatan bagus untuk mengusulkan bahasa daerah kita agar dimuat di KBBI," ujarnya.

Dia mengatakan saat ini kontribusi Kalbar dalam KBBI hanya 46 kosakata bahasa Dayak dan Melayu. Hal ini dinilainya perlu ditingkatkan karena masih banyak kosakata yang lain yang bisa diusulkan.

(Baca: Bahasa Daerah Ternyata Bisa Dimasukkan ke KBBI Daring )

Karena itulah dia mengimbau para mahasiswa sebagai generasi muda untu k mengusulkan bahasa-bahasa daerah yang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia, memiliki arti tersendiri, untuk, dan enak didengar untuk dimasukkan dalam KBBI Daring.

Ini juga dinilainya sebagai kesempatan bagi kita masyarakat Kalbar untuk mengusulkan kekayaan bahasa di Kalbar baik itu melayu dan dayak. Karena menurut data Institut Dayakologi ada sekitar 160 bahasa Dayak. Dari banyaknya ragam bahasa Dayak dan Melayu yang ada di Kalbar, dia menuturkan banyak kosakata yang artinya belum ada di kamus. Misalnya seprahan, dia mengatakan kata seprahan bisa dimasukkan sebagai kosakata yang unik.

"Seprahan, itu bisa dimasukkan sebagai kosakata yang unik, karena bahasa ini belum ada dalam bahasa Indonesia jadi bisa kita usulkan," pungkasnya.

Penulis: Claudia Libe rani Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Siapa Sangka Wanita Cantik Ini Merupakan Pelaku yang Beri Miras ke Hewan Safari Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »