Tingkatkan Investasi, Sutarmidji Ingin Masyarakat Kalbar Mudah ...

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tingkatkan Investasi, Sutarmidji Ingin Masyarakat Kalbar Mudah ...

Berita 24 Indonesia
Minggu, 25 Maret 2018
Tingkatkan Investasi, Sutarmidji Ingin Masyarakat Kalbar Mudah ...

Tingkatkan Investasi, Sutarmidji Ingin Masyarakat Kalbar Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Salah satu masalah sosial yang dihadapi Provinsi Kalimantan Barat adalah masalah penganguran....

Tingkatkan Investasi, Sutarmidji Ingin Masyarakat Kalbar Mudah Mendapatkan PekerjaanTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWACalon Gubernur Nomor Urut 3, Sutarmidji, saat bersilaturahmi dengan masyarakat

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Salah satu masalah sosial yang dihadapi Provinsi Kalimantan Barat adalah masalah penganguran.

Pengangguran tidak hanya menjadi masalah sosial di Provinsi Kalimantan Barat, tetapi sudah menjadi masalah sosial di Provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Khusus di Kalimantan barat banyak sekali faktor yang menjadi penyebab penganguran, seperti : mutu pendidikan, kesiapan tenaga kerja, fasilitas, lapangan pekerjaan, sumber daya manusia yang tidak memadai.

Hal tersebut membuat banyak sekali orang yang tidak mendapatkan kesempatan untuk mendapat pekerjaan. Pengangguran yang tinggi dapat berdampak secara langsung maupun secara tidak langsung terhadap kemiskinan, kriminalitas, dan masalah-masalah sosial lain yang juga semakin meningkat.

Baca: Di Sandai, Sutarmidji Ajak Masyarakat Bangun Kalbar

Dengan jumlah angkatan kerja yang semakin besar, arus migrasi yang terus mengalir masuk ke Privinsi Kalimantan Barat, serta dampak krisis ekonomi yang berkepanjangan sampai saat ini, membuat permasalahan pengangguran menjadi sangat besar dan kompleks.

Selama ini angka pengangguran di Kalimantan Barat masih sangat tinggi. Hal ini kerap menjadi keluhan masyarakat terkait minimnya lapangan pekerjaan yang dapat m enampung tenaga kerja Kalimantan Barat.

Saat calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga, Sutarmidji mengunjungi masyarakat Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, banyak warga yang mengeluhkan terkait lapangan pekerjaan yang masih minim. Salah satu warga mengaku kesulitan mendapat pekerjaan lantaran kurangnya lapangan kerja di Kota maupun di Desa.

Baca: Sutarmidji: Saya Tak Terbiasa Berjanji, Tapi Memberi Bukti

"Sudah beberapa tahun terakhir saya menganggur, tidak hanya saya tetapi juga banyak anak muda lain yang ikut menganggur juga. Saya lihat kurang lapangan kerja yang berdampak pada tidak ada yang menyerap tenaga kerja," jelas Yandi (28), pemuda setempat.

Komitmen Pasangan Midji-Norsan terkait penyerapan tenaga kerja Kalimantan Barat, yakni meningkatkan sektor industri di Kalimantan Barat yang dapat menampung tenaga kerja Kalimantan Barat. Menurutnya, sektor industri di Kalimantan Barat masih sangat lemah dikarenakan kurangnya investor yang masuk ke Kalimantan Barat yang disebabkan angka IPM Kalbar yang masih rendah.

"Selama ini sektor industri Kalimantan Barat masih sangat lemah. Tidak ada investor yang masuk ke Kalimantan Barat sehingga sektor industri di Kalbar masih rendah. Hal itu disebabkan oleh IPM Kalbar yang masih sangat rendah. Harus ditingkatkan IPM Kalbar agar investor masuk dan membuka industri di Kalimantan Barat, sehingga dapat menampun tenaga kerja Kalimantan Barat," jelas Sutarmidji saat menjawab pertanyaan dari pemuda terkait penyerapan tenaga kerja.

Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Dituduh Berzina, Seorang Wanita Dicambuk 100 Kali oleh Suami dan Dilecehkan Puluhan Orang Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar