IKIP PGRI Tunggu Pembentukan LP2T Pengganti Kopertis di Kalbar

Iklan Semua Halaman

Header Menu

IKIP PGRI Tunggu Pembentukan LP2T Pengganti Kopertis di Kalbar

Berita 24 Indonesia
Rabu, 24 Januari 2018
IKIP PGRI Tunggu Pembentukan LP2T Pengganti Kopertis di Kalbar

IKIP PGRI Tunggu Pembentukan LP2T Pengganti Kopertis di Kalbar

Wacana ini sudah digadang-gadang akan diimplementasikan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada akhir 2017.

IKIP PGRI Tunggu Pembentukan LP2T Pengganti Kopertis di KalbarTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINORektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak, Prof DR H Samion saat diwawancarai Tribun Pontianak di ruang kerjanya, IKIP Pontianak, Jalan Ampera Pontianak, Rabu (24/1/2018).

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wacana pembentukan Lembaga Layanan Pendid ikan Tinggi (L2PT) sebagai upaya menghilangkan dikotomi dan diskriminasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masih ditunggu oleh perguruan tinggi di Kalimantan Barat.

Pasalnya, wacana ini sudah digadang-gadang akan diimplementasikan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) pada akhir tahun 2017.

Rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak, Prof DR H Samion menegaskan hingga kini pihaknya masih tunggu terwujudnya LP2T di Kalimantan Barat.

"Pendidikan tinggi sudah diambil alih Pemerintah Pusat. Jadi tidak di Pemerintah Provinsi lagi. Dulu di Dinas Pendidikan Provinsi ada bidangnya, sekarang sudah tidak lagi. Kami masih menunggu pembentukan LP2T, infonya tahun 2018 ini," ungkapnya kepada Tribun Pontianak, Rabu (24/1/2018).

Baca: KKM-PPL Selesai, Pemkab Ketapang Kembalikan Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak

Samion menjelaskan LP2T nantinya akan menaungi PTN maupun PTS. Ketika LP2T terbentuk, otomatis keberadaan lembaga Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) akan dihapuskan.

"LP2T dibentuk kemenristek Dikti. Nanti ada kantor dan berdiri sendiri seperti kopertis. LP2T ada di setiap provinsi yang ada di Indonesia. Dalam Undang-Undang (UU) guru dan UU Pendidikan Tinggi Nomor 20 Tahun 2015 itu kan jelas," terangnya.

Ia mengatakan sementara ini, PTS masih berada dinaungan Kopertis. Di Indonesia, berdasarkan pembagian wilayah ada 12 Kopertis. PTS Kalbar masuk dalam Kopertis XI Kalimantan yang kantornya berkedudukan di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

"Sebagai pengganti Kopertis, LP2T akan melayani seluruh PTN dan PTS. Kami berharap keberadaan LP2T lebih mempermudah pelayanan, khususnya di Kalbar," harapnya.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Pasien Cantik Nangis-nangis Diduga Dilecehkan Pegawai RS, "Ngaku Apa yang Kamu Perbuat" Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar