GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Eddy Suratman Rekomendasikan Ini Dalam Forum Ekonom Yang ...

Eddy Suratman Rekomendasikan Ini Dalam Forum Ekonom Yang ...

Eddy Suratman Rekomendasikan Ini Dalam Forum Ekonom Yang Digelar Hipmi Kalbar Eddy yang dalam forum memaparkan kondisi perekonomian, menyampaikan beberapa rekomendasi …

Eddy Suratman Rekomendasikan Ini Dalam Forum Ekonom Yang ...

Eddy Suratman Rekomendasikan Ini Dalam Forum Ekonom Yang Digelar Hipmi Kalbar

Eddy yang dalam forum memaparkan kondisi perekonomian, menyampaikan beberapa rekomendasi untuk perekonomian yang lebih baik.

Eddy Suratman Rekomendasikan Ini Dalam Forum Ekonom Yang Digelar Hipmi KalbarTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINIEddy Suratman saat menerima plakat dari Ketum Hipmi Kalbar

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Jelang Pelantikan Pengurus Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalbar masa bakti 2017-2020 digelar rangkaian agenda “Forum Ekon om Kalbar” di Harris Hotel pada Selasa (16/1/2018).

Forum tersebut menampilkan pembicara Ketua Kadin Kalimantan Barat, Santioso Tio dan Ekonom Kalbar yang sekaligus Dekan Fekon Untan Eddy Suratman.

Baca: Kalbar Punya Segudang Potensi, Santioso: Kita Kekurangan Keterampilan

Eddy yang dalam forum memaparkan kondisi perekonomian, menyampaikan beberapa rekomendasi untuk perekonomian yang lebih baik.

"Kalbar mempunyai banyak potensi, baik bidang pertambangan, pertanian, perkebunan, kehutanan, pengolahan, dan juga sektor pariwisata. Hanya saja seperti pariwisata belum maksimal digarap ada banyak potensi, iyu bisa pelaku usaha garap. Meskipun disatu sisi banyak kendala yang dihadapi pelaku usaha," ujar Eddy pada Selasa (16/1/2018).

Kendala kepemimpinan yang dihadapi kata Eddy terkait integritas, dan komitmen. Selain itu kendala lain yang dihadapi yaitu kondisi Infrastruktur, birokrasi dan dunia usaha, kualitas SDM (Tenaga kerj a dan aparatur termasuk politisi di eksekutif dan legislatif ) dan regulasi dan kepastian hukum (peraturan daerah yang terlambat mengikuti perkembangan keadaan).

"Rekomendasi dari saya tuntaskan pembangunan jalan paralel perbatasan.
Mantapkan pembangunan jalan trans kalimantan dengan membangun jalan vertikal dari kecamatan. Tingkatkan pasokan listrik antara lain dengan pembangunan pembangkit listrik di jungkat. Mau sampai kapan pembelian listrik dari malaysia kita biarkan," cetusnya.

Meski sudah dibangun megah PLBN kata Eddy belum memberi dampak. Sehingga ia berharap optimalisasi kondisi PLBN Entikong, Aruk, dan Badau yang sudah jauh lebih baik untuk mendorong perekonomian masyarakat sekitar. Ia juga merekomendasikan penuntasan pembangunan pelabuhan samudra di Temajok Mempawah.

"Perpanjang runway Bandara Supadio, tingkatkan kualitas SDM antara lain melalui pendidikan dan pelatihan (antisipasi kehadiran bonus demografi. Sesuaikan regulasi lokal dengan perubahan regulasi nasional (peraturan pajak lokal yang kaku). Selesaikan kasus tumpang tindih peruntukan lahan dan kewenangan penggunaan lahan dan perjelas sikap pemerintah lokal terhadap investasi asing dan domestik melalui peraturan daerah," ujar Eddy.

Penulis: Maskartini Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Aksi Berani Pria Gondrong Kembalikan Sampah yang Dibuang Sembarangan oleh Penumpang Mobil Polisi Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar

Tidak ada komentar