Semester II Inkubator Bisnis Bank Indonesia Kalbar Luluskan 355 ...

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Semester II Inkubator Bisnis Bank Indonesia Kalbar Luluskan 355 ...

Berita 24 Indonesia
Minggu, 31 Desember 2017
Semester II Inkubator Bisnis Bank Indonesia Kalbar Luluskan 355 ...

Semester II Inkubator Bisnis Bank Indonesia Kalbar Luluskan 355 Peserta Pelatihan

Inkubator Bisnis Bank Indonesia (InkubBI) Kalimantan Barat meluluskan 355 peserta pelatihan pada semester II tahun 2017.

Semester II Inkubator Bisnis Bank Indonesia Kalbar Luluskan 355 Peserta PelatihanTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINIUMKM binaan memberikan bingkisan produk kepada Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) BI Kalimantan Barat, Dwi Suslamanto.

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Inkubator Bisnis Bank Indonesia (InkubBI) Kalimantan Barat meluluskan 355 peserta pelatihan pada semester II tahun 2017.

Pen gelola Inkubator Bisnis Bank Indonesia, Hatta Siswa Mahyahya mengatakan adapun rinciannya, untuk kelas reguler sebanyak 15 peserta, kemudian kelas Lapas Kelas IIA Pontianak 40 peserta dan kelas Mahasiswa IAIN Pontianak ada 300 peserta.

Total kata Hatta ada 355 peserta yang telah menyelesaikan masa latihannya di InkubBI tahap kedua untuk tahun 2017. Ia yang juga merupakan salah satu pengajar menjelaskan, sesuai dengan tujuannya, Program Inkubator Bisnis terus berusaha mencetak wirausaha baru baik di kota maupun di desa dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang kuat.

Kedepan, pihaknya akan melaksanakan program Akselerator Bisnis yang bertujuan melanjutkan program inkubator bisnis dalam bentuk yang lebih professional hingga ke tingkat industri hilir. "Kita juga akan menjalankan program Trainer yang bertujuan mencetak trainer/pelatih untuk mendirikan Inkubator bisnis di desa-desa. Program Klaster Bisnis bertujuan menghimpun UMKM dalam kesamaan tujuan yaitu klaster UMKM devisa/nilai tukar di perbatasan, Klaster ketahanan pangan/inflasi di desa-desa, dan klaster inklusi keuangan di perkotaan," jelasnya pada Minggu (31/12/2017).

Hatta berharap, Program Inkubator Bisnis, Program Akselerator Bisnis, Program Trainer, dan Program Klaster Bisnis dapat membantu mewujudkan UMKM yang berkualitas dan sustain dengan ekosistem yang baik dan berjangka panjang, ada pengembangan kapasitas dan dapat mempermudah akses permodalan ke perbankan dengan adanya pendampingan berkelanjutan.

"Kami yakin, jika dapat dilaksanakan secara sungguh-sungguh maka program-program di atas akan dapat mewujudkan keberpihakan pengembangan UMKM di Indonesia, termasuk keberpihakan industri keuangan. Artinya UMKM dapat menjadi kredibel dimata perbankan dan Investo," kata Hatta.

Ketua Lembaga Swabina Prakarsa, selau pengelola InkubBI, Benyamin Antariksa Lesil mengatakan, selaku pengelola, dirinya sangat bersyukur karena selama ini Bank Indonesia memberikan komitmen yang kuat untuk selalu mendukung berbagai kegiatan yang ada. "Kita juga berterimakasih kepada pihak lainnya yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melatih peserta dan memberikan dukungan untuk menjalankan program ini," katanya.

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) BI Kalimantan Barat, Dwi Suslamanto berharap agar InkubBI bisa terus berkembang dan lebih baik kedepan.
"Sesuai dengan arahan dari Gubernur BI, bahwa kami harus bisa melakukan "Outstanding" atau hal yang luar biasa untuk menjadi lebih baik. Hal ini juga berpengaruh pada InkubBI sebagai salah satu program Bank Indonesia," tuturnya.

Dwi menjelaskan, pihaknya akan melakukan penguatan pada beberapa sisi, dimana pada materi pelatihan akan ada pegawai dari Bank Indonesia yang juga ikut memberikan materi. "Ini semua kita lakukan untuk memaksimalkan program ini, agar bisa lebih baik ke depan," kata Dwi.

Penulis: Maskartini Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Berita Ayu Ting Ting Belanja Habis Puluhan Juta Tapi Tak Bisa Bayar Viral, Begini Kronologinya Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar