www.AlvinAdam.com


Berita 24 Kalimantan Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Segini Jumlah Dana Desa Kalbar di 2018

Posted by On 22.41

Segini Jumlah Dana Desa Kalbar di 2018

Segini Jumlah Dana Desa Kalbar di 2018

Komitmen Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari pinggiran diwujudkan dengan Dana Desa yang dialokasikan khusus dalam APBN.

Segini Jumlah Dana Desa Kalbar di 2018manado.tribunnews.comIlustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komitmen Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari pinggiran diwujudkan dengan Dana Desa yang dialokasikan khusus dalam APBN.

Sejak tahun 2015, dana desa terus mengalami peningkatan setiap tahunnnya. Tahun 2015 anggaran Dana Desa 20,76 triliun, meningkat pada tahun 2016 46,9 triliun, kemudian pada tahun 2017 meningkat lagi menjadi 60 tr iliun.

Kalimantan Barat, provinsi yang berdasarkan kepmendagri No.140-9756 tahun 2016 memiliki desa 2.031 ini turut mengalami kenaikan dana desa.

Tahun 2015 dana desa 537,07 M, sedangkan tahun 2016 1.241,61 M. Tahun 2017 naik menjadi 1.616,73 M, dan 2018 menjadi 1.688,27 M.

(Baca: Bebas dari Berbagai Pihak, Bendahara Desa Miliki Peranan Penting Terhadap Kebijakan Dana Desa )

Hal ini disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, Ahmad Salafuddin saat memberikan materi pada bincang publik dan ekspose kinerja Ombudsman RI Perwakilan Kalbar belum lama ini.

"Ke mana saja kebijakan dana desa ini, arah kebijakannya sudah diatur di Perpres No. 79 tahun 2017 tentang RKP tahun 2018," ujarnya.

Adapun tujuan pembangunan Dana Desa adalah untuk peningkatan produktivitas perekonomian desa, mengatasi kemiskinan, dan mengurangi ketimpangan pembangunan.

"Pengg unaan dana desa diprioritaskan untuk bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Dia lalu mencontoh beberapa pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat di beberapa Kabupaten di Kalbar, seperti BUMdes Binjai Abadi di Desa Jirak Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas.

"Masih banyak yang bisa dibangun dan dikembangkan, manfaatkan dana yang ada. Pembangunan toh untuk kita juga di desa, kita semua menikmatinya," tambahnya.

Dia mengatakan kepala desa harus bisa mengelola dana yang tersedia, kompetensi kepala desa dan perangkatnya yang terbatas juga menjadi kendala dalam pengelolaan Dana Desa. Begitu pula dengan pelibatan masyarakat dalam proses perencanaan dan pengawasan. Dia berharap para pemegang kewajiban dapat melaksanakan tugas dengan tanggung jawab.

"Seperti yang dikatakan pak gubernur, penggunaan dana desa harus mampu merubah desa menjadi maju, mandiri, dan sejahtera. Tidak sekadar bebas kemisk inan dan kebodohan, melainkan bebas juga dari korupsi. Seperti itulah seharusnya," pungkasnya.

Penulis: Claudia Liberani Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Polantas Menilang Malah Dikeroyok Sopir dan Penumpang Mobil Nissan di Tomang, Motornya Ditabrak Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »