GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

PKB: Kantor Berita ANTARA saksi sejarah kebangsaan Indonesia

PKB: Kantor Berita ANTARA saksi sejarah kebangsaan Indonesia

Pontianak (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan, mengatakan, usia Kantor Berita ANTARA yang tahun ini sudah mencapa…

PKB: Kantor Berita ANTARA saksi sejarah kebangsaan Indonesia

Pontianak (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan, mengatakan, usia Kantor Berita ANTARA yang tahun ini sudah mencapai 80 tahun merupakan bukti kantor berita negara itu menjadi saksi sejarah kebangsaan Indonesia.
"Usia 80 itu angka keramat dan keberuntungan, ANTARA sudah melalui lima generasi," kata Johan, saat dihubungi di Pontianak, Selasa.
Mulai dari prakemerdekaan, masa kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru hingga kini Orde Reformasi. "Jadi, ANTARA telah menjadi saksi akan sejarah kebangsaan Indonesia, menjadi corong pembangunan sekaligus perjuangan," ujar wakil ketua Komisi IV DPR ini.
Adalah Kantor Berita ANTARA yang menyiarkan pertama kali berita tulis proklamasi kemerdekaan Indonesia, dari kantornya di Pasar Baru, Jakarta. Nama jalan di mana kantor kedua Kantor Berita ANTARA itu terletak kemudian diberi nama Jal an ANTARA; dan banyak nama institusi bisnis setempat yang memakai nama "ANTARA".
Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan Soeharto, keberadaan Kantor Berita ANTARA sempat mencapai keemasannya. Salah satu pendiri Kantor Berita ANTARA, Adam Malik, kemudian menjadi menteri luar negeri dan lalu wakil presiden. Beberapa pemimpin umum Kantor Berita ANTARA juga menjadi duta besar Indonesia di negara-negara sahabat.
Pada masa reformasi, Kantor Berita ANTARA dengan motto-nya Cepat, Akurat, Lengkap, menjadi salah satu rujukan pemberitaan nasional terpercaya.
Selain itu, lanjut Johan, Kantor Berita ANTARA menjadi tumpuan rakyat dalam menyuarakan aspirasi, informasi dan kebenaran.
Namun, ia mengingatkan, memasuki dunia milenial saat ini, Kantor Berita Antara harus merambah ke dunia anak muda. "Sehingga penampilannya harus jauh lebih muda dari umurnya, karena anak muda saat inilah yang akan menentukan nasib serta bentuk Indonesia ke depan," katanya.
Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat, Dwi Suslamanto, menilai, indepedensi, komunikasi yang jelas serta berita yang cepat membuat Kantor Berita ANTARA dapat bertahan pada usia 80 tahun.
"Selain itu, ANTARA dijadikan rujukan oleh media lain, semoga ANTARA tetap jaya selalu," ujar dia, yang tengah berada di Jepang itu.
Ia pun berharap, kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini dengan Kantor Berita ANTARA dapat terus berlanjut. Terutama dalam mengembangkan dan menggali potensi daerah, yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi dari Bank Indonesia di daerah.
"Seperti dalam mengembangkan pariwisata di wilayah perbatasan," kata Suslamanto.

Pewarta: Teguh Wibowo
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar

Tidak ada komentar