www.AlvinAdam.com


Berita 24 Kalimantan Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cikal Bakal Smart Province, Diskominfo Kalbar Luncurkan ...

Posted by On 12.38

Cikal Bakal Smart Province, Diskominfo Kalbar Luncurkan ...

Cikal Bakal Smart Province, Diskominfo Kalbar Luncurkan Command Center

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat melaunching Command Center di Diskominfo Kalbar.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat melaunching Command Center di Diskominfo Kalbar, Jalan Adi Sucipto, Rabu (27/12/2017) siang.

Launching dilakukan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis didampingi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Republik Indonesia Rosarita Niken Widyastuti, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Hariyono, pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar dan pe jabat instansi vertikal.

Kepala Dinas Kominfo Kalbar, Anthony Sebastian Runtu menerangkan Command Centre merupakan ruang komando yang digunakan untuk memantau semua aplikasi e-Government di OPD lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar.

"Nantinya, data dan informasi yang ada dapat digunakan oleh pimpinan dalam pengambilan keputusan, monitoring dan evaluasi," ungkapnya.

Pengambilan keputusan diharapkan lebih efisiens dengan adanya dukungan data dan informasi akurat.

"Pembangunan Command Centre merupakan langkah awal bagi pembangunan Smart Province secara keseluruhan," terangnya.

Command Centre dilengkapi Security Fingerprint atau pengaman sidik jari pada pintu masuk. Tidak semua orang bisa mengakses Command Centre.

"Jadi, hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditugaskan punya kewenangan memanfaatkan Command Centre itu. Di dalam Command Centre ada 3 ruang utama yakni Ruang Komando, Ruang Rapat dan Ruang Server," jela snya.

Saat ini, lebih dari 26 aplikasi berbagai OPD di lingkungan Pemprov Kalbar sudah terverifikasi dan terintegrasi di Ruang Komando Command Centre. Anthony menegaskan sudah jadi kewajiban semua hal berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

"Baik itu software dan hardware yang ada di OPD harus terintegrasi ke dalam sistem yang dikelola oleh Diskominfo Kalbar," imbuhnya.

Pihaknya masih akan menggodok regulasi agar bisa menunjang Command Centre. Ini guna mengakomodir berbagai pihak. Diskominfo Kalbar tidak punya maksud ambil alih perangkat-perangkat itu.

"Perlu ditegaskan bahwa integrasi perlu dilakukan untuk alasan peningkatan kualitas Cyber Security, monitoring dan kontrol," tegasnya.

Hal ini juga sesuai dengan tupoksi dan wewenang Diskominfo dalam bidang komunikasi dan informatika. Anthony mengharapkan komitmen dan kerjasama semua pihak bersama-sama wujudkan peningkatan Daya Saing Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kalbar baik di tingkat regional dan nasional.

"Smart Province berbasis TIK di Kalbar perlu biaya tidak sedikit. Investasi mahal di bidang teknologi. Termasuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengoperasikan. Perlu dukungan penuh," tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Begini Reaksi Suami Mendiang Deli Cinta Sihombing saat Temui Tersangka Pembunuh Istrinya Sumber: Google News | Berita 24 Kalbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »